Deddy Stanzah - Paradox

Deddy Stanzah Paradox


Deddy Stanzah - Paradox

Paradox adalah album terakhir dari Deddy Stanzah yang digarap pada tahun 2000, beberapa bulan sebelum meninggal dunia. Deddy Stanzah meninggal pada usia 51 tahun, tepatnya pada hari Senin tanggal 22 Januari 2001 sekitar pukul 23.00 dalam pelukan istri tercintanya Isye di kediamannya Jl. Cikaso Barat, Bandung.

Deddy Stanzah adalah Rock N'Roll

Deddy Stanzah adalah salah satu musisi yang nyentrik bahkan cenderung nyeleneh, idealisme rock n'roll bernafas bersama raganya, totalitas tanpa batas hingga ke penghujung akhir hayatnya. Namun gaungnya bergema jauh melampaui batas usianya; setidaknya bagi para penikmat musik rock n'roll karena kalau membicarakan musik rock n'roll di ranah nusantara ini nama Deddy Stanzah adalah suatu kewajiban mutlak yang harus disebut. Jika Anda penikmat musik rock n'roll dan suka mengoleksi rilisan fisiknya, maka karya Deddy Stanzah wajib nangkring diantara jajaran koleksi tersebut.

Seorang Deddy Stanzah adalah rock n'roll sepertinya bukan omong kosong belaka, dari awal karir berkiprah ke dunia musik era 60-an hingga ke album terakhirnya Paradox ini image rock n'roll terus menempel lekat bersamanya. Usia yang beranjak menua bukannya menurunkan tensi bermusik tapi ini malah semakin menjadi. Bisa disimak dari lirik-lirik yang tercantum di album Paradox ini.

Paradox The Last Album Dedy Stanzah

Bergambar lukisan almarhum namun disana tidak ada keterangan hasil karya siapa lukisan tersebut. Dibagian sampul depannya tertulis The Last Album Dedy Stanzah (Dedy, hurup D-nya 1 ternyata). Karena Paradox ini memang betul-betul karya terakhir dari almarhum. Tidak disebutkan pula siapa saja musisi-musisi yang memainkan instrumen pada waktu proses recordingnya. Seperti juga album album Deddy Stanzah lainnya (dan artis-artis lainnya juga banyak nih) yang selalu tidak mencantumkan nama-nama musisi pas waktu recording berlangsung, padahal itu lumayan penting lho.
Deddy Stanzah Paradox The Last Album

Total ada 9 track (8 lagu dan 1 instrumental), serta 1 lagu yang bertema religi (Senandung Ilahi). Selain lagu yang disebut terakhir hampir semua materinya masih sarat akan muatan rock n'roll tentunya. Lirik ditulis lengkap kecuali lagu Come Back to Me.
Bagi yang ingin tahu semua lirik lagu di album Paradox ini silahkan dicek link berikut:
Kumpulan semua lirik lagu Deddy Stanzah di album Paradox.

Dan bagi yang ingin mendengar semua lagu-lagunya silahkan cek di youtube yang diaplod oleh channel Jenderal Gondrong.

Selain lirik lengkap juga di cover bagian dalamnya ada semacam catatan kecil sebagai pengantar yang ditulis oleh Isye D. Stanzah istri almarhum.
Berikut isi catatan tersebut, (saya tulis seadanya 100% sama tanpa diedit, terutama pada bagian penulisan/penyebutan nama)

IN MEMORIAM DEDY STANZAH
PARADOX
"Sekedar mengingatkan sejarah musik Rock Indonesia Dedy Stanzah yang lebih dikenal sebagai Mick Jaggernya Indonesia adalah seorang Rocker sejati yang tidak pernah berpaling dari idealismenya. Lahir dan dibesarkan di Bandung. Dia mendirikan group The Rolies pada tahun 1967 bersama Bangun Sugito (Gito Rolies), Iskandar dan Iwan Krisnawan. Seiring dengan waktu, group ini menjadi group yang disegani dan dikenal di Indonesia, Asia, bahkan Australia dengan masuknya Bonny Rolies, Dely, Uche F. Tekol, dll. Dedy Stanzah adalah sosok yang sangat percaya diri di pentas dan sampai kini belum ada dari rocker-rocker generasi muda yang dapat menyamainya.
Hengkang dari The Rolies, bersama Deddy Dores, Jeli Tobing, ia mendirikan Superkid yang membuat geger pecinta musik Rock di Tanah Air. Apalagi album Superkid yang berjudul Cemburu meledak di pasaran.
Kini sang Superstar telah meninggalkan kita semua genap kurang lebih 100 hari, namun dia masih mempunyai album yang belum sempat diedarkan sebanyak 8 lagu dan 2 instrumental, dimana semua adalah karya-karya terakhir sang Superstar Dedy Stanzah. Diharapkan album ini dapat menjadi obat rindu para penggemarnya dan akan menjadi inspirasi bagi rocker-rocker muda Indonesia. Amin.

Wassalam,
Isye D. Stanzah (istri almarhum)

Deddy Stanzah - Paradox (The Last Album)
2001 DCU Record
Side A
1. Paradox
2. Pencakar Langit
3. Senandung Ilahi
4. Come Back To Me
5. De Javo (instrumental)
Side B
1. Preman
2. Surga Yang Binal
3. Lukisan Setan
4. Pejalan Malam
5. Paradox


0 Response to "Deddy Stanzah - Paradox"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel