Rottrevore Death Fest Bandung

Rottrevore Death Fest 2005 Bandung

Rottrevore Death Fest

Rottrevore Death Fest adalah sebuah nama event pertunjukan musik (gig) death metal yang diadakan di Laga Pub Bandung pada tanggal 9 Juli 2005. Lokasi tepatnya terutama nama jalannya saya lupa lagi pokoknya ditengah kota dekat dengan alun-alun itu. Wait... Pub? Ya betul sekali event ini dilaksanakan di sebuah Pub alias bar yang jelas-jelas merupakan sebuah tempat yang terbilang "kecil" untuk ukuran sebuah event yang dikasih titel Death Fest, apalagi kalau melihat ke band-band yang tampil; Disinfected, Siksakubur, Jasad dan Forgotten, serta digagas oleh Rottrevore Record.
Walaupun cuma 4 band, tapi... ahh metalhead lokal mana sih yang tidak tahu dengan mereka?
Saya termasuk beruntung bisa hadir menyaksikan secara langsung event yang sangat tidak biasa sekaligus luar biasa tersebut. Kenapa bisa begitu?

Oke saya ceritakan...
Tepat pada hari Sabtu tanggal 9 Juli 2005 itu, pagi sekitar jam 8-an saya kedatangan salah satu kawan dekat; namanya Ano (how are you today bro?)
Dia datang dengan membawa sebuah flyer yang fotonya diatas itu.
Seperti yang terlihat, tidak ada info pendukung apapun di flyer tersebut, dan bagian belakangnya pun putih total polos los.
"Anjirr.. apaan ini No? Acara? Siapa aja yang maen? Dapat darimana flyer ini? Palsu kali ah.. kok ga jelas begini sih flyernya? blablablabla..."
Segudang berbagai pertanyaan saya lontarkan waktu itu. Dan sambil nyengir dia malah menjawab: "Teuing!" Hahaaa...
Lalu dia melanjutkan, "Saya dapat flyer ini kemarin dari si Bayu (McFire) dan katanya yang maen cuma 4 band saja yaitu Forgotten, Jasad, Disinfected dan Siksakubur."
"Ahh masa sih? Gosip kali ah" jawab saya ragu. Satu-satunya yang membuat saya sedikit agak percaya adalah karena ada logo Rottrevore Record di flyer tersebut dan saya tahu persis keempat band yang disebut tadi adalah memang yang waktu itu ada di "roasternya" Rottrevore.
"Jadi gimana nih? Berangkat? Soalnya kan tahu sendiri acaranya tuh hari ini dan mulainya nanti sore" si Ano minta kejelasan saya.
"Hahahaa... gebleg, kemonlah lets go!" saya mengiyakan saja walaupun jujur saja masih merasa ragu.
"Yaa kalaupun misal info ini ga bener, anggap aja kita jalan-jalan ke Bandung, atau nanti kita maen ke kosan si Zale aja, hahaha.."
Pernyataan terakhir kawan dekat saya ini lumayan cukup menghibur dan menjadi salah satu alasan hingga akhirnya saya segera menyiapkan diri untuk berangkat ke Bandung, yang jaraknya kurang lebih sekitar 90 KM dari Cipanas.

Selama perjalanan kami tidak habis-habisnya membahas event tersebut, terutama yang berkaitan dengan pertanyaan-pertanyaan diatas itu. Dan yang paling tidak kami tidak mengerti adalah kenapa tempatnya itu disebuah pub? Apakah pub-nya segede stadion bola? Karena jujur saja selama perjalanan itu kami tidak tahu persis tepatnya lokasi letak Laga Pub tersebut, cuma berdasarkan informasi dari si Bayu (si pemberi flyer itu) Laga Pub tersebut letaknya tidak jauh dari alun-alun, dan itupun katanya, kata temennya pula, wkwk...
Saya lupa lagi, waktu tiba di Bandung itu apakah pergi ke kosan si Zale dulu (didaerah Dipati Ukur Dago) ataukah langsung ke Laga Pub, hahaa.. ini asli saya berusaha mengingat-ingat lagi walaupun sebenarnya tidak penting juga. Yang jelas kami tiba di lokasi event sekitar jam setengah 5 sore, karena Laga Pub memang cukup terkenal, jadi waktu di bis kota menuju alun-alun kami dapat informasi tempat itu. Dan ternyata memang betul sekali, itu adalah sebuah pub alias bar, yang ukurannya tidak segede stadion bola seperti yang kami bayangkan sebelumnya, hahaa..

Dan.., keraguan kami terjawab.. karena di sekitar lokasi tersebut tidak seramai layaknya ada sebuah event musik. Memang ada sih segelintir orang pake kaos hitam gambar dedemit (you know lah t-shirt sebuah band metal, hahaa..), tapi ya itu tadi cuma segelintir. Kami anggap mereka cuma sekedar nongkrong-nongkrong biasa saja. Karena mindset kami event ini bakalan rame seperti layaknya sebuah event yang biasa diadakan di GOR Saparua pada zaman itu. Yang sering nonton event underground di Saparua pasti tahu-lah :D . Karena sekali lagi kami melihat pada list pengisi bandnya walaupun cuma empat band saja tapi kami bayangkan bakalan rame karena seperti diceritakan diawal tadi metalhead mana sih dizaman itu yang tidak tahu empat pendekar death metal Indonesia itu? Metalhead lokal mana sih yang tidak tahu Rottrevore Record? Ini Rottrevore Death Fest euy! Apakah event ini kurang publikasi? Karena buktinya kami saja baru tahu informasi adanya event ini cuma beberapa jam sebelumnya.
Tentu saja kami heran.... Jangan-jangan event Rottrevore Death Fest ini memang beneran kaga ada nih, hahaa....  Karena penasaran akhirnya kami menanyakan kepada yang sudah hadir disana, ternyata.. puji Tuhan perjalanan kami tidak sia-sia. Rottrevore Death Fest memang beneran ada dan sebentar lagi mau dimulai.

Saya lupa lagi harga tiket event ini dan kalo ga salah tidak dikasih tiket juga cuma yang masih teringat pada waktu mau masuk ke gedungnya itu kami dikasih handtag doang, itu loh yang kayak gelang itu, warna putih :D
Venue-nya berada dilantai atas, dan iya sekali lagi saya katakan itu adalah sebuah pub, cuma meyakinkan saja, hahaa..
Sebelum acara dimulai kami turun kembali kebawah melihat-lihat sikon sekitaran. Sepertinya ada beberapa media (lengkap dengan kamera segede gaban yang dipanggul) yang meliput event ini karena kami saksikan ada beberapa sesi interview dengan band-band serta crew yang terlibat. Apakah ini memang sebuah pendokumentasian "resmi" yang berbentuk video? Pertanyaan ini akhirnya terjawab beberapa tahun kemudian. Dan kami merasa bangga karena telah menjadi bagian serta salah satu saksi hidup yang ikut menyaksikan event luar biasa itu. Yeah.. :D

Belakangan kami berpikir sepertinya event tersebut sengaja dibikin seperti itu karena:
Pertama fokus ke pendokumentasian/video saja karena memang akan dibikin ke format DVD, kedua terkait soal perizinan (ini ada penjelasannya di DVD tersebut), ketiga karena soal perizinan tersebut maka event ini tidak dipublikasikan secara luas untuk mencegah membludaknya pengunjung yang datang, keempat supaya tidak terlalu membludak maka yang hadir ke event itu hanya undangan khusus saja. Nah kalau berpikir ke alasan terakhir itu kami jadi merasa seperti audience ilegal alias unwanted spesies di event tersebut, hahahaa..

Saya tidak akan menceritakan secara rinci bagaimana penampilan setiap band dengan tiap lagunya, karena:
Pertama karena dari waktu pertunjukkan dimulai itu posisi kami berada persis didepan mixer sound, jadi disitu ada semacam pembatas dari besi itu nah kami duduk disitu dan tepat dibelakang kami itu ya alat mixing itu, saya tidak tau nama tepatnya apa yang jelas alatnya yang banyak tombol-tombol bulat terus kayak equalizer gitu lah hahaa.. dan kami berada tepat digaris tengah stage. Ngerti ga? Jadi kami duduk disitu dan kalau mata ini memandang lurus ke depan itu tepat ke tengah stage. jadi enak gitu, nyaman. Sayang waktu itu belum punya ponsel yang pake kamera sih :D
Kedua karena posisinya yang tepat digaris tengah stage itu, maka apa yang kami lihat waktu itu sama persis dengan apa yang tampil di DVD sekarang. Kurang lebih tepatnya seperti foto dibawah ini.

Rottrevore Death Fest


Ketiga karena event ini ditangani oleh crew profesional yang sudah berpengalaman dibidangnya, maka output sound waktu di venue pada saat itu hasilnya sama persis dengan apa yang ada di DVD sekarang. Ini beneran. Jadi kalau ingin tahu seperti gimana pas acara dimulai, ya silahkan ditonton DVD-nya :D
Walaupun tentu saja sensasinya bakal berbeda. Tapi Sambil menulis blog ini saya sebenarnya lagi merender DVD tersebut buat diaplod di youtube. Memang sudah ada yang aplod sih, cuma sepotong-sepotong. Nah saya maunya yang full utuh semuanya. Makanya proses renderingnya lama sekali, maklum spek PC-nya juga cupu :)))
Yaa ini sekedar berbagi saja, begitu juga dengan tulisan di blog ini. Karena bagi saya setiap moment yang berkesan itu betapa asyiknya kalau diceritakan.
Bagi yang beruntung menonton event tersebut bolehlah berbagi cerita di kolom komentarnya :)

Dan ini dibawah ini adalah ID Card Artist untuk Jasad; seperti yang terlihat difoto. ID card ini saya pungut dilantai venue, kalau ga salah ditangga. Jadi tidak lama setelah acara ini selesai lalu kami turun, nah pas ditangga itu saya lihat ada ID card ini, langsung saja saya ambil lumayan itung-itung buat kenangan, hahaa...

ID Card Rottrevore Death Fest 2005


Dan waktu saya memungut ID card ini ternyata ada terekam dalam DVD itu, hahaaa... gokil.
Iya, saya lah yang memakai kaos yang tulisan belakangnya "In Dark Purity" itu (Monstrosity), dan sebelahnya si Ano yang pake kaos Brutal Truth. Kalo Anda cek video di youtube yang full itu coba pause di 02:39:40.  Hahaa ini penting ga sih? Penting sekali dong, setidaknya bagi kami, wkwkwk.. :)))

Tahun 2006 event Rottrevore Death Fest tersebut resmi dirilis kedalam format DVD, dijual seharga 100ribu lumayan mahal sih (waktu itu) tapi peduli setan saya tetap membelinya. Dan anjing, kualitasnya bener-bener keren, sangat keren sekali, apalagi kualitas audionya. Sehingga menurut saya bandrol Rp. 100ribu benar-benar worth it, sangat sebanding dengan kualitas produksinya. Angkat topi tinggi-tinggi buat seluruh crew dan siapapun yang terlibat dalam proyek tersebut.

DVD ini dianggap sebagai salah satu pondasi awal untuk mendokumentasikan kegiatan di ranah extreme metal, karena pada saat itu dokumentasi dalam bentuk video oleh band-band metal di Indonesia masih sangat kurang sekali, kalaupun ada jarang digarap dengan sangat serius (baca: profesional).

DVD Rottrevore Death Fest 2005


Isi dari DVD Rottrevore Death Fest itu dibagi ke beberapa sesi; tapi tetep dalam satu keping. Full total durasi sekitar 2 jam lebih.
Setiap band membawakan masing-masing 5 sampai 6 lagu.

Disinfected
1. Reek Shit On A Tomb
2. Karnivora
3. Melted
4. Baptis Aku Dengan Darah
5. Aku Akan Bunuh Kamu
6. Dendam Terasah
7. Within Subconcious Mind

Forgotten
1. Kegelapan Itu Bernyawa
2. Tiga Angka Enam
3. Aku Jatuh Cinta
4. Republik Bintang Tengkorak
5. Tuhan Telah Mati
6. Smoke On The Water (Cover version from Deep Purple)

Siksakubur
1. Parade Luka
2. Treacherous Treatment
3. I'm The Worst
4. Mass Hypnosis (Cover version from Sepultura)
5. Pasukan Jiwa Terbelakang

Jasad
1. F.F.F
2. Bless My Wrath
3. Getih Jeung Getih
4. Urine Campur Nanah
5. Rotten Body Fluids (Cover version from Embalmer)
6. Annihilate The Enemy

Bagi Jasad sendiri event ini dijadikan sebagai promosi album terbarunya yang bertitel Annihilate The Enemy. Selain ada tayangan tentang live performance band-band diatas ada juga dokumentasi tentang bagaimana panitia acara mempersiapkan segala keperluan sebelum event dimulai, serta sesi interview dengan keempat band tersebut seperti yang sudah diceritakan diatas. Pokoknya pendokumentasian event tersebut benar-benar digarap secara serius & profesional. Sangat direkomendasikan untuk dikoleksi.
Cheers.

0 Response to "Rottrevore Death Fest Bandung"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 2